Tuesday, September 13, 2011

Lebaran 2011 ~~ Part 3

Masih masa-masa lebaran, pada hari lebaran kedua tanggal 31 Agustus gw ikut bapak nganterin saudara-saudara gw berkunjung ketempat orang tuanya. Saudara gw yang mau dianter waktu itu adalah Om Gendut yang mau ke Wonogiri, Om Sugeng yang mau ke Wonosari dan Om Aris yang mau ke Solo.

Perjalanan dimulai sekitar jam 10an,, berhubung bapak gw gak tau jalan kearah sana jadinya ngajak Om Kerdil (Itu om gw sekaligus ade kandung ibuku). Ternyata mobilnya udah gak  muat, alhasil Om Kerdil ditinggalin deh, tapi pas baru keluar dari kawasan Sragen tiba-tiba ibu gw telepon dan bilang klo Om Kerdil marah udah janji mau diajak dan udah bela-belain datang tapi malahan ditinggal. Akhirnya Om Kerdil kita tungguin deh dipinggir jalan, coz dia yang tau jalan ke daerah sana. Cuma pas masih di sekitar palur ternyata bapak ku masih tau jalan,,, tiba-tiba bapak gw marah dan bilang "Ngapain lewat sini klo ujung-ujungnya juga bisa lewat Palur dan nanti tinggal belok kiri. Saya jangan di buat nyasar, ini mah sama ajah buang-buang waktu. Jangan sampai saya di buat muter-muter gak jelas". Pas denger begitu gw langsung takut, coz gak biasanya bapak gw ngomong kayak begitu. Maklumlah bapak gw pernah ngalamin hal kayak gitu waktu sama om gw yang lain..

Gw udah ngerasa perjalanan saat itu agak kurang nyaman dan menyenangkan. Cuma karena masalah kayak gitu.... Akhirnya perjalanan dilanjutin lagi,, tujuan pertama adalah nganterin saudara ke Wonogiri,,, sebenarnya bapak gw cuma pengen cari terminal yang bisa ke arah Wonosari, cuma Om gw yang jadi penunjuk arah mikirnya kita mau nganterin ke Wonosari. Dari situ udah mulai salah jalan banget deh,,, Udah masuk di kawasan Wonogiri, tiba-tiba nemu Terminal Induk Wonogiri,, kita mampir sebentar nanya disini ada bus arah Wonosari gak... Ternyata gak ada, abis itu nanya sama orang sana klo mau ke Wonosari bisnya yang ada dari mana?? Orang yang diterminal bilang ke Pracimantoro ajah Pak, disana ada bis yang ke arah Wonosari... Alhasil tujuan kita ke Pracimantoro deh.. Perjalanannya sangat jauh dan gersang,, mungkin karena lagi musim kemarau jadi semua sawah-sawahnya pada kering. 

Padahal klo kita gak ke Praci dulu, sebenarnya udah sampai ditempat sodara gw yang di Wonogiri.. Karena kita mau cari terminal yang ada bis kearah Wonosari, akhirnya kita ke Praci deh... Perjalanannya jauh dan berkelok-kelok... Tapi ada bersyukurnya juga, coz bisa melihat Waduk Gajah Mungkur yang sangat besar dan panjang. Benar-benar ciptaan Allah yang sangat indah....

Kirain udah hampir sampai, ternyata perjalanannya masih sangat jauh buat menuju ke Praci. Awalnya sempet pengen balik arah lagi, karena berhubung udah nanggung dan katanya lewat sana juga bisa ya mau gak mau dilanjutin lagi deh perjalanannya. Alhamdulillah,,, sampai juga di terminal Pracimantoro.. sodara gw yang mau ke Wonosari akhirnya udah sampai duluan, ternyata dari Praci itu ke Wonosari hanya sebentar gak sampai berjam-jam. Kata Bapak gw "Klo tau gitu mendingan tadi dianterin sekalian yah" . Ahahaha.... 

Akhirnya lega juga bisa nganterin salah satu keluarga menemui orang tuanya, secara sodara gw yang ke Wonosari udah hampir 10 tahun gak ketemu orang tuanya,, kasian banget kan?? Perjalanan dilanjutin lagi ke rencana awal ke Wonogiri - Batu... Ternyata ke Batu itu masih jauh juga,,, untung tempatnya adem dan gak panas, coz deket pegunungan jadinya enak.. Baru sampai di Batu - Wonogiri sekitar jam 15.30... Lega lagi karena udah selesai nganterin sodara.

Karena berhubung sudah ashar, kita berhenti sejenak di Masjid Agung Batu. Masjidnya sangat indah dan bagus. Dan kebetulan juga nama Masjidnya mirip kayak nama Ponakan gw. Nama Masjid Agungnya adalah Masjid Agung Al-Ghaniy sedangkan Ponakan gw namanya Muhammad Ghani.. Benar-benar suatu keajaiban yang sungguh sangat aneh.. eheheh...
Ini dia Masjid Agung yang sama dengan nama ponakan gw...
eheheh...

Setelah selesai shalat ashar di Batu,, perjalanan masih lanjut. Sekarang perjalanan menuju ke Solo,, kurang lebih 2 jam perjalanan ke Solo dari Wonogiri. Baru sampe Solo sekitar jam 19.30,,, udah sangat malam.. Ehhh,,, malah disuruh makan dulu di sana. Ya kita makan lah,, secara udah laper.. eeheheh...

Masih di Solo tempat keluarga dari sodara gw, tiba-tiba ibu gw telepon dan berkata :

Ibu : Lagi dimana de?
Gw : Lagi di Solo nie tempatnya Mba Reni (Sodara)
Ibu : Ko lama banget sie, jam segini masih di Solo ? (Di Solo sekitar jam 20.00)
Gw : Ya bu, mubeng-mubeng (muter-muter) di Solo
Ibu : Ngapain muter-muter di Solo sampe jam segini
Maklum lah awalnya kita gak boleh ke Wonogiri sama Ibu, coz jauh tempatnya...
Gw : Yah lah, kan pengen tau daerah Solo. (Gw sambil ketawa)
Ibu : Mank gak jadi nganter ke Wonogiri?
Gw : Jauh bu, jalannya juga susah banget. Tiba-tiba Bapak gw ngedipin matanya, supaya gak bilang ke Ibu klo kita jadi nganter ke sana. Alhasil gw bohong dunk... (Masih lebaran udah bohong). Ahahaha...
Ibu : Lah trus klo gak jadi ke Wonogiri, ngapain di Solo lama-lama. Udah buruan pulang, udah pada laper nie. Kan nungguin Tengklengnya (Makanan kesukaan Mbah dan Ibu gw)
Gw : Ya bu, nie juga udah mau pulang ko. Tunggu ajah yah sebentar... (Masih sambil ketawa-tawa)

Akhirnya pas terakhir mau ditutup teleponnya gw langsung bilang ke Ibu,,, "Bu, Minal Aidin yah Maafin de"... Ahahahah... Maklum udah bohong, abis itu gw minta maaf deh sama ibu gara-gara udah bohong. eheheh...

Setelah melakukan perjalanan yang sangat panjang, akhirnya nyampe juga di Sragen sekitar pukul 21.30. Badan udah cape rasanya dan langsung pengen istirahat,,,,, eheheh


WALAUPUN AWALNYA PERJALANAN SANGAT MENYENANGKAN 
TAPI TIBA-TIBA JADI MENYEBALKAN
GARA-GARA PENUNJUK JALANNYA YANG BIKIN JAUH SAMPAI TUJUANNYA
TAPI LUMAYAN BISA TAU JALAN DAN BISA TAU DAERAH LAIN 

2 comments:

  1. di palembang ada MASJID - AL-GHANIY beralamat jalan M.P. MANGKUNRGARA No. 1 RT.01 RW.01 Tlp. 0711 - 814312 Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Sako Kota Palembang 30168

    ReplyDelete
  2. di palembang ada MASJID - AL-GHANIY beralamat jalan M.P. MANGKUNRGARA No. 1 RT.01 RW.01 Tlp. 0711 - 814312 Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Sako Kota Palembang 30168

    ReplyDelete