Wednesday, July 13, 2011

Nasihat Sang Ayah

Hari rabu kemarin, gw ragu banget tuk datang ke tes psikotes. Coz gw gak yakin sama kerjaannya. Trus gw bertanya sama nyokap gimana baiknya apakah harus datang atau gak? Kata nyokap gw, klo ragu tuk dateng mending gak usah dilakukan. Lalu gw minta pendapat sama bapak, "Pak, besok gimana nie datang pa gak?" Kata bapak :
"Yang namanya pekerjaan apapun kalo dijalanin dengan ikhlas dan tulus serta niat maka semua pekerjaan yang tadinya berat menjadi ringan. Kalo dalam bekerja tidak dengan niat dan ikhlas yang tulus maka akan menjadi beban di dalam hati jadi akan menganggap sebuah pekerjaan yang sebenarnya ringan malah menjadi berat."

"Jangan berpikir kalo pekerjaan itu berat, lakukan ajah pekerjaan dengan hati lapang. Kalo merasa pekerjaan sulit nantinya kita tidak akan betah dalam menjalani pekerjaan itu. Selalu mengucapkan Istighfar setiap kali merasa jenuh, cape, dan lelah dalam bekerja. Insya Allah dengan mengucapkan Istighfar hati akan lebih lapang dan lega serta dapat menjalani pekerjaan dengan mudah." 

Saat ini, gw sedang bekerja di salah satu perguruan tinggi sebagai Divisi Sistem Praktikum khusus di bagian praktikum mahasiswa. Gw selalu mengeluh cape dan bosan bekerja disana. Karena tidak ada perkembangan yang gw dapet disana. Gw udah bekerja disana kurang lebih hampir 2 tahun. Cukup lama sie, makanya gw lagi berusaha mencari pekerjaan lain biar gw bisa berkembang. Lalu bapak bilang :
"Yang namanya kerja cari uang itu cape dan berat, tapi klo kita ngejalaninnya dengan niat pasti semua bisa dilewati. Mulai sekarang coba untuk selau ngejalanin pekerjaan dengan ikhlas dan niat pasti De (itu nama panggilan gw dirumah) gak akan merasa terbeban dan banyak pikiran."

Lalu bapak gw kasih contoh gimana caranya ngejalanin sebuah pekerjaan dengan hati yang lapang. Bapak gw kasih contoh ke gw, nyokap gw kerja udah hampir 30 tahun kerja di bagian produksi barang disitu kerjanya berat dan cape tapi nyokap gak pernah mengeluh klo dia cape, bosan dan gak betah di tempat kerjanya. Itu karena nyokap ngejalanin semua pekerjaannya dengan niat dan ikhlas yang tulus. Trus bapak gw kasih contoh lagi, sekarang bapak gw udah pensiun cuma ngejalanin bisnis kecil-kecilan Laundry&Dry Clean dirumah dan juga mengasuh cucunya, coz dirumah gw gak pakai pembantu. Bapak gw juga termasuk orang yang bekerja sampai cape dan lelah cuma bapak gw ngejalanin semuanya dengan niat dan ikhlas yang tulus jadi dalam mengerjakan semua hal dengan hati senang dan tidak terbebani.

Satu hal yang bisa gw petik dan pelajari dari nasihat bapak yaitu :
"Setiap hal yang akan dilakukan dan dikerjakan diawali dengan niat serta ikhlas yang tulus dan sering-sering mengucapkan Istighfar bila merasa lelah dan cape, maka semua hal yang dilakukan akan berjalan dengan baik dan membuat hati merasa lapang."

Terima kasih Bapak buat nasihatnya, Dede akan selalu mengingat kata-kata Bapak untuk selalu Istighfar...  :)

Dan dede akan belajar untuk selalu ber-Istighfar dan niat dalam menjalankan sesuatu hal.  :)

No comments:

Post a Comment