Monday, July 4, 2011

Curhatan Sang Ayah !!!

Seperti biasa pagi-pagi gw dianter sama bapak ke kantor. Gw dirumah selalu panggil Ayah dengan sebutan "Bapak". Bapak gw orangnya humoris, kadang-kadang keras kepala soal pendapat, kalo pendapatnya udah bilang A yah A tapi kalo dirayu-rayu bisa berubah pendapatnya jadi B. Tapi gw suka dengan sikap bapak gw itu, coz dia bersikap tegas dan berpendirian teguh. Bapak gw udah umur 55 tahun sekarang, mudah-mudahan selalu dikasih sehat sampe gw dapet pendamping nti.


This is My Mother and My Father
Picture By Tri Putriyati 

Gw anak terakhir dari 3 bersaudara. Kakak gw udah pada nikah semua tinggal gw doank yang belum menikah. Kakak pertama gw laki-laki dan kakak kedua gw perempuan. Pasti disetiap rumah punya masalah dan keluhan masing-masing. Kayak tadi pagi, bapak gw curhat pas nganterin gw ke kantor. Biasa lah masalah kakak laki-laki gw. Bapak gw udah ngerasa kecewa sama kakak gw itu, coz dia selalu melakukan kesalahan yang bikin bapak ngerasa kecewa sama dia. 

Kekecewaan yang pertama, waktu kakak gw masih dibangku kuliah trus dia ditawarin kerjaan sama tetangga gw, kakak gw bilang kalo dia sanggup ngejalanin 2 kegiatan sekaligus yaitu kuliah dan kerja. Tapi pada kenyataannya kakak gw malah gak nyeleseain kuliah udh lebih dari 2 tahun. Bapak gw berusaha sekuat tenaga bagaimana caranya supaya anak pertamanya nie lulus kuliah. Kakak laki-laki gw nie kuliah di UNAS, tapi karena sibuk sama kerjaannya dia mpe molor 2 tahun gak selesai kuliah. Akhirnya bapak gw berusaha terus supaya anaknya nie lulus dari kuliah akhirnya dia transfer ke kampus laen yang bisa skripsi dan lulus. Akhirnya bapak gw kudu ngeluarin duit yah lumayan banyak cuma buat kakak gw nie lulus kuliah.

Kekecewaan yang kedua, waktu kakak gw memutuskan tuk menikah di umur yang masih muda yah sekitar umur 25 tahun. Kalo buat perempuan mah udah ketuaan yah umur segitu jadi harus cepat-cepat menikah, tapi kalo untuk cowo mah masih kemudaan bagi gw. Coz pacarnya minta di nikahin gara-gara orangtuanya udah pada mau pensiun. Karena udah kayak gitu yah bapak gw udah gak bisa ngomong banyak jadinya mau gak mau dinikahin deh tuh kakak gw setelah dia lulus kuliah. Coz syarat dari bapak cuma 1 yaitu harus lulus kuliah S1 dulu. Sebenernya bapak gw itu gak setuju sama calon menantu dari kakak laki-laki gw itu, tapi karena kakak gw udah cinta mati kali yah secara dia gak mau coba cari yang laen ya udah bapak setuju-setuju ajah sama pilihannya. Mau di apain lagi, namanya orangtua pasti cuma menuruti permintaan sang anak, kalo sang anak udah gak mau di bilangin pasti sebagai orangtua cuma bisa pasrah sam keputusan sang anak.

Kekecewaan yang ketiga, kakak gw itu selalu buat susah kedua orangtua. Di saat dia senang dia gak inget orang tua, tapi di saat dia susah dia baru sadar klo ada orangtua yang bisa membantu dia. Bapak gak pernah minta yang macem-macem sama kakak gw tapi dia selalu membuat orangtua miris dengan keadaannya. 

Yang gak habis pikir, dia udah gede dan udah nikah masa pikirannya masih kayak anak kecil yang klo di bilangin kadang-kadang di dengar tapi kadang-kadang tidak di dengar. Satu kalimat yang gw ambil dari bapak hari nie 
"Walau anak senang tidak mengingat orang tua tapi sebagai orang tua pasti akan membantu anaknya yang sedang kesusahan"
Itu adalah kalimat yang tadi pagi bapak gw kasih tau ke gw. Jangan sampai jadi anak tidak mendengarkan dan menghargai kata-kata dari orang tua, coz perkataan dari orang tua ada benarnya juga.

Nasihat dari Bapak buat gw :
"Mumpung sekarang dede (panggilan kalo dirumah) masih belum berkeluarga, memperbanyak ilmu, jangan lupa shalat dan mengaji karena itu bekal buat orang tua, cari rejeki supaya tidak menyusahkan orangtua tetapi bisa membantu orang tua, walaupun orang tua tidak meminta seorang anak mengerti bahwa orang tua sedang kesusahan, jadi jangan sampai anak mengalami hal yang sama seperti orang tuanya sekarang"

Itu adalah nasihat yang buat gw sedih dan pengen nangis. Berarti sekarang gw harus lebih berusaha lagi mencari yang terbaik supaya bisa menyenangi kedua orang tua dan membantu kedua orang tua.

I L.O.V.E Y.O.U. M.Y.F.A.T.H.E.R